PT Railink sebagai operator kereta api (KA) Bandara Soekarno Hatta menetapkan jadwal perjalanan KA Bandara Soekarno Hatta dengan rute Stasiun Sudirman Baru sampai dengan Stasiun Soekarno Hatta. Perseroan menyiapkan 10 trainset KA dengan kapasitas 3.000 penumpat setiap hari.

“KA Bandara Soekarno Hatta ini nantinya akan melayani penumpang di lima stasiun, yaitu Stasiun Manggarai, Stasiun Sudirman Baru, Stasiun Duri, Stasiun Batu Ceper, dan Stasiun Bandara Soekarno Hatta,” kata Direktur Utama PT Railink Heru Kuswanto dalam siaran pers, Senin (20/11).

Namun, sambung dia, pada awal operasional pihaknya akan melayani penumpang di dua stasiun terlebih dahulu yaitu Stasiun Sudirman baru dan Stasiun Bandara Soekarno Hatta. Pasalnya, ketiga stasiun lainnya sedang tahap pembangunan.

“Selain itu, untuk pemesanan tiket KA Bandara Soekarno Hatta kami telah kembangkan sistem sendiri dengan nama Airport Railways Ticketing System (ARTS). Transaksi tiket dilakukan secara nontunai melalui aplikasi, internet booking, dan vending tnachine. Vending machine telah kami siapkan di masing-masing stasiun, kemudian untuk mobile aplikasi dan internet booking akan kami rilis pada hari peresmian KA Bandara Soekarno Hatta nanti,” tambahnya.

Sedangkan, jelas Heru, waktu tempuh KA Bandara Soekarno Hatta relatif cepat sekitar 55 menit. Dia menyebutkan, dengan pengoperasian KA Bandara Soekarno Hatta ini nanti diharapkan menambah pilihan bagi masyarakat dalam mengakses bandara terbesar di Indonesia itu.

“Jika selama ini hanya tersedia pilihan bertransportasi berbasis jalan raya, maka sebentar lagi akan hadir layanan public transport berbasil jalan rel yang mengusung kenyamanan bagi pelanggan,” imbuhnya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura (AP) II menyediakan layanan baru pada aplikasi Indonesia Airports yaitu mobile check-in dari maskapai Garuda Indonesia. Layanan tersebut sekaligus langsung mengeluarkan e-boarding pass di smart-phone tanpa perlu cetak lembar boarding pass.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengungkapkan, AP II selalu berupaya mempercepat dan mempermudah proses keberangkatan di Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta). Hal ini juga sebagai upaya mewujudkan smart airport untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang baik bagi para penumpang pesawat.

“Check-in melalui mobile apps Indonesia Airports ini merupakan salah satu upaya AP II beserta maskapai penerbangan untuk meningkatkan pelayanan kepada para penumpang. Mulai 19 November 2017 baru dengan Garuda Indonesia dan pada awal tahun 2018 mayoritas penumpang airline lainnya juga akan dapat menggunakan fasilitas mobile check-in di platform aplikasi Indonesia Airports AP II,” terang Awaluddin. (esa)

http://klipingkemenhub.com/